Oleh: jonsar76 | Mei 26, 2010

Tips aman dengan Facebook

Siapa yang tidak mengenal situs Facebook. Bahkan operator telepon selular pun beramai ramai ikut mendukung Facebook. Seperti handphone dengan fitur Facebook, sampai menawarkan bandwidth internet gratis secara terbatas. Mengapa Facebook begitu menarik, tentu ada manfaatnya.

Manfaatnya sangat banyak. Bahkan dari pihak berwajib mengunakan Facebook untuk mencari alamat penjahat. Seperti pelarian seorang narapidana pernah ditemukan melalui jaringan Facebook. Bahkan para debt collector sudah mengunakan fitur Facebook, untuk mencari orang yang menunggak tagihan kartu kreditnya. Hebat bukan.

Mengapa Facebook sangat diminati. Karena banyak fitur pada Facebook. Salah satu yang dibutuhkan banyak penguna internet adalah membuat situs yang menyimpan data pribadi tetapi gratis. Dibandingkan membuat website, membutuhkan keahlian tertentu. Mengunakan layanan Blogger, memang gratis tetapi tidak semudah dan seluas layanan Facebook. Dengan Facebook, penguna internet cukup membuka account lalu menjadi member Facebook. Semua dilakukan secara otomatis. Cukup memasukan data pribadi, update data dan foto. Semua dilakukan dengan mudah di Facebook

Ada pertanyaan, apakah Facebook berguna atau sekedar situs iseng saja. Dibawah ini sisi posisit dan negatif serta kemungkinan apa yang tidak terduga akan anda dapatkan dari situs Facebook.

Manfaat Facebook

Semua sudah mengenal Facebook, lalu apa fungsi situs pertemanan terbesar didunia tersebut. Dengan 400 juta anggota lebih, masyarakat Amerika menjadi member terbesar situs tersebut. Indonesia juga masuk daftar 10 besar sebagai negara peng-access situs Facebook.

Dimana manfaat Facebook. Ada beberapa fungsi Facebook saat ini yang menguntungkan bagi member itu sendiri :

Untuk pribadi
Mencari teman lama

Facebook dapat digunakan untuk mencari teman lama. Fitur foto dan jati diri dapat dimasukan kedalam Facebook. Teman lama anda dapat mencari member Facebook lainnya. Dengan mudah teman lama anda akan menemukan dan menghubungi anda dengan melihat data yang anda berikan

Mencari teman baru

Dengan keberadaan data anda di Facebook, setiap orang bisa membaca. Bahkan dibuat lebih rinci, seperti hobby, kegiataan dan lainnya. Anda dapat memberikan informasi kegiatan anda kepada orang lain yang kebetulan bertemu. Mereka yang memiliki ketertarikan dibidang yang sama dapat saling berbagi informasi. Dari jaringan situs Facebook, maka nama anda akan masuk ke Wall orang lain. Disana sesama member Facebook dapat melihat kegiatan anda. Dan bisa melanjutkan ke langkah berikutnya seperti bertemu di dunia nyata dan melakukan kegiatan bersama sama untuk sesuatu hal

Mencari dukungan
Karena dengan mudah memberikan informasi kepada rekan rekan lainnya. Informasi yang diberikan lebih mudah dibaca oleh member sesama Facebook. Misalnya kasus Prita yang banyak menarik simpati member Facebook Indonesia, dan kasus lainnya untuk menunjukan ketidakadilan dari suatu masalah. Semua dapat berbagi dengan Facebook.

Untuk usaha
Facebook untuk media

Kecepatan access Facebook sudah dimanfaatkan sebagai Media berita. Facebook banyak digunakan media dan perusahaan untuk memberikan informasi kepada penguna member Facebook. Bahkan mampu mengirimkan komentar dan pendapat secara realtime. Fitur Facebook akan lebih mudah , cepat dan lebih interaktif dibanding mengirim email. Pihak media cukup memberikan publikasi , dan member Facebook lainnya akan mendapatkan informasi update secara berkala.

Promosi usaha

Bagi mereka yang ingin mempromosikan produk atau jasa. Facebook dapat dijadikan ajang kegiatan promosi. Baik secara personal misalnya jasa pribadi, maupun ajang promosi baik perusahaan kecil dan besar. Dengan member yang besar, maka Facebook sangat baik sebagai sarana promosi. Terlebih bila pemasaran sebuah produk dan jasa sudah berjalan sebagai mestinya. Maka Facebook dapat dijadikan ajang pengingat bagi pelanggan baru dan lama.

Dibandingkan memiliki sebuah blog atau website, Facebook lebih mudah dan cepat bagi penguna internet, karena tidak memerlukan keahlian khusus. Cukup menjadi member, lalu memasukan data yang diperlukan. Semua diatur oleh Facebook


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: