Oleh: jonsar76 | November 5, 2008

Hapus Jejak Ber-internet

Windows Vista punya fitur yang otomatis melengkapi alamat situs web yang sedang kita ketikkan. Informasi alamat situs web ini didapat dari file bernama index.bat yang berisi alamat-alamat situs web yang pernah kita kunjungi.

Bagi orang yang sensitif terhadap masalah privasi, fitur ini bisa menjadi masalah. Dari daftar ini, orang lain bisa mengetahui situs-situs web yang pernah Anda kunjungi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghapus file index.dat.

Cuma, menghapus file index.dat tidak semudah menghapus file lain. Sebab, file ini digunakan sepanjang sesi sistem dan file yang sedang dipakai tidak bisa dihapus.

Jika Anda ingin index.dat dienyahkan dari sistem Anda, lakukan langkah-langkah ini.
1. Restart komputer Anda dan tekan tombol [F8] di keyboard beberapa kali di awal-awal boot untuk menampilkan menu menuju Safe mode.

2. Pilih [Safe Mode with Command Prompt], lalu tekan [Enter]. Windows akan melanjutkan loading Windows.

3. Saat muncul jendela login, masukkan nama pengguna berikut sandinya. Akun yang digunakan ini harus administrator, yah.

4. Setelah jendela Command Prompt aktif, Anda berada di folder C:-Users-user name Anda. Masuklah ke C:-Users-User name Anda-AppData-Roaming-Microsoft-Windows-Cookies dengan mengetikkan perintah “cd AppData-Roaming-Microsoft-Windows-Cookies” diikuti dengan menekan [Enter].

5. Ketikkan perintah “del index.dat” pada Command Prompt. Tekan [Enter].

6. Restart Windows.

7. Sekembalinya ke Windows, Anda akan kembali melihat file index.dat. Namun file itu kosong—Windows yang membuat file itu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: