Oleh: jonsar76 | Juli 5, 2008

Microsoft Release Malware Removal Tool

Microsoft menciptakan Malicious Software Removal Tool, sebuah program yang dapat mendeteksi dan me-remove virus dan program lain yang tidak diinginkan dari system Windows. Program tersebut dapat mendeteksi software yang dapat mencuri password game online di lebih dari dua juta PC dalam minggu pertama setelah tool tersebut diupdate untuk mendeteksi program pencurian tersebut pada 10 Juni lalu.

Salah satu pencuri password, mengaku bernama Taterf. Microsoft mendeteksi Taterf terdapat pada 700.000 komputer dalam satu hari pertama setelah Malicious Software Removal Tool diupdate. Jumlah tersebut dua kali lebih banyak daripada malware “Storm Worm” yang terdeteksi pada bulan September tahun lalu. Antara tanggal 10 Juni dan 17 Juni, Microsoft telah me-remove Taterf dari sekitar 1,3 juta computer.

Greg Hoglund, CEO HBGary dan co-author dari buku “Exploiting Online Games” mengungkapkan pendapatnya bahwa sekali criminal mempelajari username dan password gamer, dia dapat masuk ke game dan menjual apa saja milik korban virtual untuk koin emas virtual. Koin-koin tersebut akan ditangani oleh karakter lain dalam game yang menjual emas untuk dollar dalam dunia nyata, dalam pertukaran online seperti IGE. Cara itu tidak bisa diaudit mengenai transfer uangnya sehingga membuat para pencuri tersebut tidak memiliki resiko keamanan apapun. Program yang digunakan untuk mencuri password biasanya terinstal di web yang kemudian akan mengeksploitasi program multimedia seperti Adobe Flash Player atau Quick Time Player.

Game yang sering menjadi korban adalah game dari Cina, dengan 529,003 program pencuri password yang telah terdeteksi oleh Malicious Software Removal Tool. Gamer merupakan target para criminal tersebut karena beberapa dari gamer men-disable software antivirus untuk mendukung performance game. Sementara mereka mendownload versi crack dari game-nya, maka malware pun bisa ikut di dalamnya. Jadi jika tidak ingin memiliki masalah dengan criminal pencuri password game online, mungkin solusinya adalah dengan meng-update antivirus dan menghidupkan Automatic Update untuk update Sistem Operasi secara berkala.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: