Oleh: jonsar76 | Oktober 25, 2007

Cara Membuat Nickname Unik Di Yahoo Messenger

Pernah ga anda liat di sebuah room Yahoo Messenger ada chatter yang menggunakan nickname yang unik? Mungkin contohnya seperti ini :

^!jonsar76!^

(¯`·._. jonsar76._.·´¯)

Ato yang mungkin sejenisnya.. nah, anda pun bisa membuatnya. Disini yang akan saya gunakan adalah Microsoft Word sebagai bantuan dalam pembuatan nickname unik. Yang saya maksud adalah penggunaan fitur symbol pada Microsoft Word. Namun perlu diingat, Yahoo Messenger tidak mengenal semua simbol yang ada, setahu saya YM hanya mengenal simbol pada kategori Latin 1.

Saya anggap anda sudah berkreasi dengan Word dan menghasilkan nickname unik yang anda mau. Maka kita bisa gunakan nickname itu dengan 2 cara.

Anda bisa masuk ke chat room. Di jendela chat, cari option “chat” dan kemudian “change nickname”. Nah, silahkan dimasukkan nickname anda. Tapi cara ini kurang efektif menurut saya. Terkadang keunikan nickname anda gagal terlihat. anda saya anjurkan untuk menggunakan cara yang ke 2

Pada YM anda, pilih option “Messenger” kemudian “My Profile” kemudian “Create/Edite My Profiles”. Nah.. akan terbuka jendela menuju account Yahoo anda. Kemudian masuklah ke bagian “Edit” terus ke bagian “Edit Profile Information” kemudian “Nickname”. nah.. masukkan nickname unik anda di sini. kemudian save dan lihat hasilnya dengan masuk ke sebuah room.

Jika hasil yang didapat masih juga belum sesuai dengan apa yang di buat di Word, berarti simbol yang anda gunakan belum bisa dikenal oleh YM..

Chat Room

Pernah dengar kejadian ini. Atau anda pernah mengalaminya? Bagaimana hal ini bisa terjadi? Berikut ini penjelasan singkatnya.

Yahoo Chat Room merupakan sebuah fasilitas untuk ngobrol yang dengannya siapa saja bisa masuk tanpa izin dahulu. Gak ada penerima tamu disana. Gak ada satpam yang menjaga pintu masuk ke chat Room. Enak bukan? Asik bukan? Anda bisa memasuki Chat Room lewat Joint Room maupun ketika anda di undang (invite friends atau invite buddies) ke Chat Room oleh teman anda. Nah suatu ketika tentunya anda pernah mengalami ketika pengen masuk Room Kesukaan anda, anda gagal masuk kedalamnya. Walaupun anda telah berulang-ulang kali mencoba. Sudah pake knocker room segala mungkin.

Oh ya, seseorang sering karena sudah senang atau cinta dengan sebuah chat room, atau mungkin karena sudah jenuh dengan berpindah-pindah Room, maka biasanya ia akan menetap di satu Chat Room Saja. Seperti “vajra” penghuni Chat Room Yogyakarta:3, atau Akung, gadis desa (uchie) dan Radio Rusak yang merupakan penghuni Yogyakarta:1, atau si Kiwil yang merupakan penghuni tetap Yogyakarta:6, atau mungkin si “Rima (Libia), Gloria (German), Landakj (Semarang), Icank (Jakarta) atau Trimbil pak RT (Jepang)” yang merupakan penghuni tetap Yogyakarta:20. Bagi pemula atau newbie yang pengen punya kenalan banyak, Chat Room digunakan “hanya” untuk mencari teman PM atau IM. Bisa berlanjut untuk bertemu di dunia nyata. Mungkin juga untuk jadi calon bini atau pacar, atau yang lebih ekstrim mencari teman “S*X”. Biasanya selang 1 atau 2 menit mereka akan pindah ke Chat Room yang lain dan mencari kenalan yang lain pula. Hal ini merupakan salah satu perilaku yang paling banyak dilakukan oleh Chatter-chatter muda.

Balik kepermasalahan Lock Room atau Destroy Room. Room maksimal hanya untuk ditempati tidak sampai plus minus 50 ID. Kadang bisa juga sampai 53 ID, tapi ini sangat jarang sekali. Nah ketika ID yang ada sudah mencapai jumlah tersebut maka Chat Room biasanya tidak lagi menerima ID Chatter yang pengen masuk. Kenapa kok Cuma 50 ID? Silahkan anda tanya ke Yahoo saja kenapa bisa demikian. Nah dengan sofware boot yang biasanya memiliki fasilitas untuk Login ke Chat Room sebanyak mungkin maka, seseorang dapat memasukkan ID bootnya ke Chat Room. Ketika ID Boot sudah memenuhi Chat Room dan Chat Room menjadi penuh maka jangan harap orang lain atau ID chat yang lain bisa masuk ke Chat Room. Bahkan jika ada ID chat yang keluar dari chat room maka langsung digantikan dengan ID boot yang lainnya. Demikianlah kerja yang biasanya terjadi.

Apa beda dengan Destroy Room? Destroy Room sebenarnya hanyalah mengobrak abrik atau membuat Chat Room menjadi sangat tidak nyaman untuk digunakan Chatting lagi. Destroy Room akan mengakibatkan sejumlah ID boot “berbicara” secara terus menerus di chat room sehingga orang lain seakan-akan tidak memiliki kesempatan untuk ngobrol di dalamnya. Bisa juga untuk mengcopi semua pembicaraan yang ada di chat room dan kemudian dipastekan kembali ke chat room. Hal ini sebenarnya seperti PM boot yang menyerang kita. Namun serangan yang dilakukan bukan pada ID yahoo namun pada Room.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika sudah jengkel boot aja IP-ya atau boot aja ID boot nya masing masing. Atau lock aja ID bootnya, sehingga mereka bisa keluar dari Room kesayangan kita. Beres. Namun ini tentu saja memerlukan keahlian yang lebih. Wah biasanya saya kalau dah ada kayak gini langsung keluar room aja, pindah ke room lain atau PM or IM dengan teman chat yang lain. Ngapain diurusin! Entar juga bosen sendiri mereka. Orang yang main boot atau lock room biasanya hanya pengen pamer atau pengen unjuk kekuatan. Setelah bosen dengan mainan tersebut biasanya mereka akan berhenti sendiri atau beralih ke mainan yang lebih menarik seperti “menembak” IP atau membikin virus.

Semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: